ulasan review teknologi terkini seputar smartphone, laptop, pc dan lainnya

5 Cara Mencegah Android Terjangkit Virus dan Malware

0 593

Cara Mencegah Android Terjangkit Virus – Virus dan malware pun bisa dengan mudah menjangkiti perangkat android anda jika anda tidak mencegahnya. Karena hampir semua perangkat android mudah diserang virus baik dari Wifi, Bluetooth hingga aplikasi yang telah diunduh. Maka dari itu sebisa mungkin agar tidak sampai terjangkiti virus anda wajib tahu bagaimana cara mencegah virus dan malware masuk. Pasalnya ketika perangkat android sudah terjangkit virus maka akan sulit untuk menanganinya.

ADVERTISER

Cara Mencegah Android dari Virus dan Malware

Selain itu malware juga berpotensi merusak sistem android hingga mencuri data penting anda seperti password, email, dll. tentu saja hal tersebut tidak anda inginkan. Maka dari itu sebelum terlambat anda mesti tahu apa saja cara untuk mencegah agar virus dan malware tidak menjangkit smartphone anda. bisa dengan mengunduh antivirus hingga mencegah kemungkinan virus masuk. Berikut tips selengkapnya untuk mencegah android dari virus dan malware.

Cara Mengatasi Android Terkena Virus
Kenapa Android bisa terkna virus
  1. Lakukan scanning virus dan malware secara reguler

Scanning merupakan cara yang tepat untuk mencegah timbulnya virus. Scanning bisa dilakukan menggunakan aplikasi antivirus. Karena tidak ada satu perangkat android pun yang bebas dari ancaman virus dan malware maka dari itu scanning sangat perlu dilakukan secara reguler. Anda bisa memilih antivirus yang ringan kapasitasnya agar tidak memberatkan beban RAM dan memori penyimpanan anda.

  1. Baca review aplikasi

Sebelum menginstall aplikasi tertentu sebaiknya anda baca terlebih dulu reviewnya. Dengan membaca review dari sesama pengguna anda menjadi lebih tahu track record aplikasi tersebut. selain itu periksa pula pembuatnya apakah dari developer terpercaya atau sebaliknya. Jika meragukan lebih baik anda mengurungkan niat untuk menginstall aplikasi tersebut.

  1. Hati-hati dengan aplikasi dari market ketiga

Aplikasi android tidak hanya terdapat di Play Store saja. namun ada pihak ketiga yang menyediakan aplikasi lain pula. anda perlu waspada jika hendak mengunduh aplikasi di luar Play Store karena lebih rentan membawa virus. Walaupun tidak semua aplikasi dari pihak ketiga memiliki masalah tersebut namun berhati-hati dalam memilih aplikasi di luar Play Store sangat diperlukan. jika meragukan lebih baik urungkan niat untuk menginstall aplikasi tersebut.

ADVERTISER

  1. Jangan sembarangan memberikan akses superuser

Untuk perangkat yang sudah di root biasanya terdapat opsi akses Superuser. Walaupun terdapat opsi tersebut sebaiknya jangan pernah memberikan akses tersebut kepada aplikasi yang tidak dipercaya. Hal ini sama saja dengan memberikan kontrol kepada malware secara penuh terhadap perangkat anda. alhasil android pun akan rentan terinfeksi virus dan malware.

  1. Matikan Wifi dan Bluetooth jika tidak diperlukan

Walaupun cara satu ini terdengar sepele namun sangat membantu mencegah perangkat terinfeksi virus dan malware. Kedua fitur tersebut sangat disukai virus sebagai pintu masuk yang mudah. jika anda kerap menyalakan bluetooth maupun Wifi padahal tidak diperlukan maka virus bisa masuk kapanpun. Selain itu dari segi baterai pun akan lebih cepat habis.

Demikianlah berbagai tips mudah untuk mencegah android dari virus dan malware. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.