ulasan review teknologi terkini seputar smartphone, laptop, pc dan lainnya

Teknologi Jaringan 5G di Indonesia, Ini Faktanya

0 654

Jaringan 5G di Indonesia – Disadari atau pun tidak, faktanya perkembangan di dunia teknologi saat ini memang sudah mulai bertumbuh begitu pesatnya dan terjadi cukup cepat. Pun begitu dengan jaringan internet. Masih belum lama ini kita memang sudah bisa merasakan kecepatan akses internet dengan menggunakan jaringan 4G LTE, yang menjadi salah satu generasi ke-4.

Nah, jika berbicara mengenai penamaan “G” dari 4G LTE seperti yang kita kenal ternyata merujuk pada kata “Generation”. Dimana kata ini memiliki arti sebagai teknologi jaringan internet terbaik tanpa kabel atau wireless dan kini sudah mulai memasuki generasi yang ke-4 seperti yang sudah kami singgung di atas. Di Indonesia sendiri, jaringan internet 4G LTE sendiri sudah mulai berkembang dengan sangat baik, bahkan telah tersebar nyaris di seluruh daerah.

Akan tetapi juga perlu untuk Anda ketahui bahwa, peralihan dari generasi sebelumnya, yakni 3G menuju ke 4G pada kenyataannya tak begitu disadari oleh para pengguna. Walaupun jaringan internet terbaru tersebut dikabarkan akan menawarkan kecepatan yang lebih pada generasi ke-4, yang membedakan antar keduanya bisa dibilang tak terlalu jauh. Namun hal ini tampaknya tak akan terulang lagi pada generasi berikutnya. Dan yang demikian tersebut pasti saja akan jadi kabar yang cukup baik bagi kita semua sebagai pengguna internet.

ADVERTISER

Fakta Tentang Teknologi Jaringan 5G di Indonesia

Ya, setelah jaringan internet 4G, teknologi jaringan internet untuk generasi berikutnya yang saat ini sedang jadi buah bibir adalah jaringan 5G di Indonesia. Ada banyak sekali pakar teknologi yang meyakini adanya perubahan dari jaringan 4G ke 5G nantinya akan sangat terasa bagi para pengguna. Dimana perusahaan – perusahaan teknologi besar kabarnya akan bekerjasama dalam mengembangkan jaringan internet terbaru tersebut. Tujuannya tak lain adalah agar jadi jauh lebih superior dari generasi sebelumnya.

Sebut saja Verizon, ini adalah salah satu perusahaan telekomunikasi yang berasal dari New Jersey, dimana perusahaan tersebut ternyata mengambil alih masalah hambatan transmisi yang sering sekali terjadi pada generasi sebelumnya. Selain itu, perusahaan AT & T ternyata juga turut ambil peran dengan untuk kenalkan platform terbarunya yakni Internet of Things (IoT).

Teknologi Jaringan 5G di Indonesia
Teknologi Jaringan 5G di Indonesia Menjadi Buah Bibir

Jaringan internet 5G 100 kali lebih cepat dari 4G

Tahukah Anda kira – kira seperti apa sih kecanggihan atau superioritas dari jaringan 5G yang kabarnya jauh lebih baik dan bagus dari 4G tersebut? Percobaan yang sudah pernah dilakukan belum lama ini memberikan hasil yang cukup impresif. Dimana jaringan internet 5G dengan status trial ternyata mampu mencapai kecepatan hingga 100 kali lipat dari kecepatan jaringan 4G.

Jadi bisa dibayangkan sendiri, membuka tab baru pada saat browsing rasanya tak akan ada bedanya lagi dengan membuka sebuah file atau pun folder di galeri. Memang salah satu yang jadi hal utama bakal jadi nyawa dari terciptanya teknologi 5G ini adalah soal kecepatan. Bahkan, Qualcomm sendiri menyebut jaringan internet terbaru tersebut sebagai The Platform for Invention.

ADVERTISER

Self driving cars pda teknologi 5G

Kabarnya salah satu industri yang nanti paling merasakan manfaat dari kehadiran jaringan internet 5G ini adalah otomotif. Apalagi saat ini juga sedang digarap dan dikembangkannya mobil tanpa sopir  atau yang juga disebut dengan self driving car yang pasti akan semakin mudah terselesaikan dengan adanya jaringan internet yang jauh lebih canggih dan mumpuni. Belum lagi sudah dilakukannya uji coba taksi drone pada beberapa waktu lalu di Dubai. Ini artinya dampak dari hadirnya jaringan internet terbaru dan tercepat dari 5G akan sangat terasa tak hanya pada perangkat gadget saja, akan tetapi juga dalam transportasi serta lalu lintas juga aspek lainya di kehidupan sehari – hari manusia.

Jaringan 5G kemungkinan besar tak lagi ada gangguan jaringan

Perlu untuk diketahui juga bahwasannya di era jaringan 3G atau pun 4G, ternyata pengguna masih sering sekali alami yang namanya gangguan sinyal. Ya, baik itu jaringan 3G maupun 4G memang umumnya jadi sangat lemot atau lelet sekali digunakan di tempat – tempat yang ramai atau pun dipelosok daerah. Gangguan masalah – masalah yang dihadapi saat ini kemungkinan besar tak akan terjadi lagi pada jaringan 5G di Indonesia. Hal ini pastinya akan sangat menguntungkan sekali bagi para penggunanya.

Kabarnya latensi jadi semakin kecil

Dalam sebuah jaringan tentu saja ada latensi. Yang dimaksud dengan latensi sendiri adalah jumlah waktu yang dibutuhkan supaya permintaan data dapat diterima dan dibalas pada saat pengguna mengklik sebuah aplikasi. Kabarnya latensi yang ada pada jaringan 5G di Indonesia nantinya akan dibuat semakin kecil, bahkan hingga mencapai 1 milidetik saja. Latensi ini dikabarkan mencapai 10 kali lebih kecil jika dibandingkan dengan jaringan 4G yang mempunyai 10 milidetik.

5G telah mendukung kemajuan teknologi

Dengan adanya jaringan 5G pasti saja sangat mendukung sekali adanya kemajuan teknologi dalam bidang lainnya. Berkat lahirnya jaringan tersebut, beberapa perusahaan sangat diuntungkan. Lahir sebuah konsep IoT seperti yang sudah kami sebutkan di atas untuk peralatan rumah tangga. Diperkirakan konsep tersebut akan jadi lebih sukses lagi di tahun 2020 yang akan datang. Dimana peralatan rumah tangga yang ada di sekitar sekitar seperti TV, kultas, dan listrik yang akan terhubung serta terkontrol dengan mudahnya. Beberapa perusahaan besar pun sudah mulai terapkan konsep luar biasa ini, diantaranya Oracle, Intel, dan Microsoft.

Jaringan 5G bisa diakses di tahun 2020 di Indonesia

Jaringan generasi ke-5 ini memang masih belum secara resmi diriliskan di Indonesia, meskipun sudah diadakan beberapa kali pengujian di berbagai negara. Akan tetapi, kabarnya jaringan internet 5G tersebut akan resmi diriliskan di tahun 2020 yang akan datang. Peresmian ini akan selenggarakan bersama dengan olimpiade di Tokyo.

Apabila di beberapa negara sudah lakukan uji coba jaringan internet 5G misalnya saja di Korea Selatan. Kabarnya uji coba kecepatan jaringan internet 5G tersebut mencapai 100 kali lipat dibandingkan 4G. kemudian bagaimana dengan Indonesia? Salah satu perusahan Indonesia dalam bidang provider yakni Telkomsel digadang – gadang sudah menggandeng Huawei untuk uji penerapan teknologi 5G.

Nah, itulah informasi seputar fakta tentang teknolgi jaringan 5G di Indonesia yang saat ini sedang jadi buah bibir. Dengan mengetahui tentang teknologi terbaru ini, tentu saja kalian akan menyiapkan diri memasuki dunia internet 5G yang sebentar lagi akan muncul.

Leave A Reply

Your email address will not be published.